Rabu, 03 Juli 2013

Temu dan Pisah

(gambar disadur dari sini)
 Sebuah film, bikin gue jadi pengen buat nulis sesuatu lagi. Di film itu, salah satu tokohnya bilang,’buat apa kita ketemu kalo akhirnya kita juga bakal kepisah? Bukankah lebih baik kita ga ketemu, biar gaada kepedihan bernama perpisahan ini?’ awalnya, gue piker bener juga kata si tokoh itu. Gue inget tiga kejadian, ntah itu perpisahan sd, perpisahan mts, ataupun perpisahan man, tapi yang gue inget, slalu ada tangisan yang mewarnai ketiga peristiwa itu. terus gue coba coba pikir-pikir lagi,bener apa kaya gitu? kao gitu di dunia ini biar gaada perpisahan, kao kita gamau ketemu sama yang namanya berpisah, ya satu-satunya cara buat menghindar dari itu kayanya ya dengan menyendiri ya, yaudah aja kita forever alone, ngurung diri di kamar, mainin laptop, atau ngapain kek di kamar, yang penting gausah dan jangan kenalan ama orang biar kita gausah berpisah ama orang itu. haruskah kita jadi kaya gitu biar ga ngerasain perpisahan dari sebuah pertemuan?

tapi, setelah gue pikir-pikir lagi, ngga gitu juga kali ya. esensi yang sebenarnya dari suatu pertemuan itu yang penting sebenernya, yang bikin pertemuan itu bermakna, ya permeuan itu sendiri. pertemuan, ya, pertemuan itu indah, menyenngkan. kalo pertemuan itu ga indah dan menyenangkan, ya ga bakal ada yang namanya kongkow-kongkow, party-party, ngumppul-ngumpul, atau apalah itu bahasa lainnya. semua orang merasa butuh untuk ketemu orang lain. karena, kalo kita udah ketemu, itu asiknya luar biasa! waktu yang dihabiskan bersama, mengukir kenangan-kenangan indah yang akan tersimpan di dalam sebuah memori di otak kita. ya, kenangan-kenangan itu yang akan membuat sebuah pertemuan itu menjadi indah. gelak tawa, derai tangis, apapun itu, akan mernjadi kenangan indah dari sebuah pertemuan, yang bikin si pertemuan itu jadi begitu bermakna dan berharga.

terus gimana dengan yang namanya si perpisahan tadi? ya itu udah jadi hukum alam bos, ga bisa kita hindari! yang namanya hidup pasti mati, yang namanya hitam pasti karna ada putih, yang namanya bahagia pasti karna kita udah tau sama yang namanya derita, gitu juga pertemuan bos! setiap pertemuan, pasti suatu saat akan menghadirkan yang namanya perpisahan! itu pasti!

tapi, jangan cuma karna takut berpisah, kita jadi gamau bertemu dengan orang lain. jangan pernah juga bertanya, kenapa harus ada perpisahan, kalo kita udah ketemu seseorang dan sebentar lagi harus berpisah, apalagi sambil nangis-nangis, itu ga penting nanyain gituan. ambil hikmahnya ajalah. kalo kita udah ngalamin perpisahan ama orang yang kita anggap bermakna buat kita, yakinlah, semua kenangan yang udah kita punya dengan mereka, itu bakalan lebih indah waktu kita inget lagi kenangan itu, bahkan lebih indah dari saat dimana kenangan itu terjadi, nostalgia itu lebih indah dari kejadian sebenarnya. kalo kita ga ketemu ama orang-orang itu, pastinya kita ga akan punya yang namanya kenangan itu, dan kita ga akan pernah nyicipin yang namanya keindahan nostalgia.

terus juga kalo kita udah ngalamin perpisahan itu, momen 'bertemu kembali' dengan orang yang berpisah dengan kita itu bakalan lebih kita tunggu-tunggu daripada sebelum kita berpisah. bahkan, lebih lama kita berpisah, bakalan jadi lebih indah juga saat kita ketemu lagi ama orang itu. ya, disinilah suatu rasa yang namanya kerinduan beraksi. kerinduan itu yang bikin kita bakal seneng banget waktu ketemu lagi ama orang yang udah sekian lama kepisah dari kita. itulah indahnya sebuah pertemuan dan perpisahan.

(gambar disadur dari sini)
jadi ya, gausah terlalu sedih juga waktu pisah sob. karena setiap pertemuan, pasti bakalan ada perpisahan. dan terakhir, karena, tanpa perpisahan, pertemuan ga akan bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar