Kamis, 04 Juli 2013

Review : Masa Bina Cinta (MBC) Hari Tiga


Rabu, 3 Juli 2013, merupakan hari ke - 3 dari masa bina cinta 2013. Pada hari itu, kami, ELTORO, keluarga elektroteknik angkatan 2012, diberi beberapa materi, materi yang berhubungan dengan Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME) dan juga materi yang sangat berguna untuk membantu kami diperkuliahan kedepannya.

Pagi hari, diawal rangkaian acara MBC hari itu, kami diajarkan nyanyian-nyayian suporteran HME. Kami diajarkan empat lagu, yaitu Abu-Abu, HME Petirnya ITB, Hanya Ada Satu, Apa Jadinya. Kami diajarkan irama dari lagu-lagu ini, yang mana iramanya membangkitkan semangat. Dan khusus untuk lagu Apa Jadinya, terdapat dua versi yang berbeda, yaitu versi wisuda dan versi perlombaan. Perbedaan dari dua versi ini hanyalah di liriknya saja.

Lalu, kami mendapat materi tentang Buka-Mata, yang merupakan salah satu proker dari kementran keprofesian HME ITB. Buka-Mata merupakan pembahasan dari isu-isu di dunia elektroteknik yang sedang berkembang saat ini. Dan untuk isu yang diberikan pada kami, adalah tentang suatu lembagake profesian elektroteknik nonprofit terbesar di dunia, yaitu Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE). Lembaga yang berpusat di New York ini berfokus pada pendidikan, pengembangan teori, dan aplikasi dibidang elektroteknik. IEEE juga menyediakan berbagai jurnal dan bacaan lainnya yang berkaitan dengan keelektroteknikan. Dan topik yang paling hangat dibicarakan saat ini adalah tentang Smart Grid. Smart Grid adalah sebuah sistem distribusi energy listrik yang modern, di mana ada feedback dan penyampaian informasi realtime dari penyedia dan dari pemakai tenaga listrik tersebut.

Materi yang selanjutnya diberikan kepada kami adalah dari divisi workshop HME ITB, tentang cara pembuatan sebuah alat elektronik, yang merupakan rangkaian sederhana dari beberapa komponen elektrik, seperti LED, IC analog timer, seven segment, dan komponen lainnya yang menjadi sebuah NIM-tag, yaitu tanda pengenal yang menggunakan batrai, yang menunjukkan tiga digit terakhir NIM dari seven segment. Dan kami juga akan membuat NIM-tag ini untuk menjadi milik kami sendiri.

Kemudian, kami menerima penjelasan tentang kurikulum baru, kurikulum 2013, dari kementrian kesejahteraan anggota. Kami diberikan pencerdasan tentang apa saja mata kuliah wajib yang akan kami dapatkan di semester tiga dan empat nanti. Kami juga dijelaskan tentang peraturan praktikum yang akan kami lakukan nanti, seperti cara membuat laporan, peraturan yang ada di lab dasar elektro, sangsi jika kami melanggar, dan hal lain mengenai praktikum.

Materi terakhir hari ketiga MBC adalah tentang pentingnya koordinasi di angkatan kami, Eltoro, agar tidak ada lagi teman kami yang terlambat ataupun melakukan kesalahan lainnya di MBC hari berikutnya.
Itulah materi yang kami dapat di MBC hari ke tiga, yang pastinya sangat bermanfaat untuk keprofesian dan kemudahan kami diperkuliahan kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar