Senin, 29 Juli 2013

Kembali (Main) ke Insan Cendekia #1



Insan cendekia, akhirnya setelah sekian lama menanti (setengah tahun doang sih), beberapa hari yang lalu aku menapakkan lagi kakiku di kampus prestasi mandiri dan islami itu. Tanpa rencana, tanpa persiapan, bahkan tanpa tujuan mungkin, tetiba saja ingin kembali ke tempat yang menyisipkan banyak kenangan di fikiranku, menyelipkan berjuta puing cerita yang tersusun rapi di dalam hati. Hanya ingin, ingin bertemu seorang teman, mungkin, atau mungkin bertemu kenangan bersama seorang teman. Entahlah, yang jelas pagi itu tanpa pikir dua kali, tancap gas, jalan menuju insan cendekia serpong.

·         Perjalanan menuju IC

Dengan bekal seadanya (hanya jas hujan), aku dan seorang teman (baca: iis zulkarnain) memberanikan diri menempuh ribuan kilo perjalanan menuju serpong menggunakan sepeda motor. Capek sih, tapi seru pisan kok, tapi emang capek banget sih, bagian tubuh yang didudukin itu pegel pisan lah, tapi tetap asik kok. Apalagi kita gak tau jalan sama sekali, sama sekali. Wong kita ga di bandung aja masih nyasar, gimana bisa tau jalan ke serpong, bukan lewat tol lagi. Yaudahlah jalan aja, modal berani(baca: nekad) dan niat(baca: sok) aja. Dari mulai keluar bandung lewat jalan sebelah tol Pasteur, kita udah aja ngikutin ke mana angin membawa kita. Kata angin,’belok kiri bun!’ yaudah aja kita belok kiri. Kata angin,’ikutin aja jalan gedenya bun’ yaudah kita nurut. Kata angin,’noh ngekor aja bun sama abang-abang yang pake ransel, sepatu lapangan, motor *inja (kenapa yg disensor hurup pertamanya), dia kayanya lewat jalan yang bakal kalian lewatin kok’ yaudah sok kita buntutin dah tuh si abang-abang. Angin jadi pembisik arah utama kita buat nyampe di tujuanlah pokoknya.

Walaupun sempet muter-muter (emang jalannya muter ya, bukan kita kesasar kok), kita nyampe juga kok di puncak. Sempet ngelewatin instana cipanas, ada pak presiden lagi kongkow ama menterinya, terus kita sapa deh. Sayang mereka ga denger, kebanyakan yang demo ke mereka kali ya, jadi dikira kita berdua mau demo juga (demo apaan berdua pak). Yaudah karna ga diwaro, kita lanjut ke puncak (padahal niatnya mampir di istana cipanas buat minta takjil). Dipuncak kita diberhentiin dua kali coba ama polisi. Pasti gegara motor orang yang kita pake nih (baca: pingi) platnya E, padahalkan bogor platnya F. untung kita udah nyiapin STNK, jadi polisinya malah baik gitu ke kita. Sampe bilang,’mau istirahat dulu mas di pos kita, sepong masih jauh loh’. Wah ngga deh pak makasih, alih-alih mau, yang ada kita serem kali pak diajakin ke pos polisi. Tapi di puncak sabi pisan lah. Dingin (you don’t say). Bayangin aja, di puncak, tapi naik motor (biasa aja sih kalo dibayangin). Tapi seru lah, beneran. Harus nyoba deh. Apa lagi kemaren itu kita hujan-hujanan. Wah yaudah tuh kita diselimuti oleh kabut tak bertuan nan menyesaki pikiran akan hal aneh lagi menyeramkan. Tebing bin jurang di kiri kanan kita gak keliatan lagi, jalan di depan aja ga keliatan jelas, cuma beberapa meter ke depan yang masih keliatan. Mana karna hujan, plus ban motornya si kawan ini ban tubles lagi, yaudah dah tuh licin pisan dah jalannya. Terpaksa demi keselamatan orang lain yang lewat deket kita, kita jalannya pelan-pelan aja, ga pernah lebih dari 90 km per jam lah. Mana si hujan lama lagi, sampe bogor baru kita gak kena hujan lagi.

Di bogor kita ketemu IPB sama kebun raya. Mayanlah, itung-itung sekalian jalan-jalan. Nah jalan dari bogor ke serpong ini yang nauzubillah astaghfirullah. Awal-awal keluar bogor kita tertangkap dan terjebak budaya Indonesia, macet. Mana macetnya di tengah-tengah proyek jalan layang lagi. Parahlah, debu beterbangan kesana kemari, truk-truk gandeng dan tronton mondar mandir mengapit motor kita yang imut lucu mungil dibandingin mereka, alat-alat berat yang teriak-teriak karna kerjaan mereka yang emang berat, sama material bangunan yang ukurannya luar biasa di atas kita yang kalo jatuh kita bisa rata dengan tanah. Sumpeklah macetnya. Untungnya kita berhasil meloloskan diri dari tangkapan macet itu. Tapi ternyata habis itu kondisinya kontras. Kalo yang tadi berisik, sekarang adem ayem jalannya. Mana jalannya lurus banget lagi. Ada kali tuh 50 km jalannya lurus doang. Buset dah disitu mata udah ngantuk banget, jalan gak ada tantangan gitu (sok banget), tapi beneran, wong cuma narik gas doang karna motornya matic, gak perlu belok gak perlu ngehindarin mobil karna ga macet, yang searah dengan kita dan ditrabak truk yang datang dari arah berlawanan, kita udah berada ditengah-tengah mereka hampir diserempet sama dua mobil raksasa itu, karna disitu saya ketiduran sodara-sodara. Terus yang kedua kita hampir nabrak pembatas jalan, karna tetiba motor kita ga terkendali, tiba-tiba belok aja padahal jalan lurus, ya tiba-tibanya karna kita ketiduran juga sih. Untung si kawan yang dibonceng sigap bangun dan bangunin yang membonceng, jadi Alhamdulillah deh kita selamat. Habis itu masuk parung yang jalannya masyaallah hancur pisan parahlah. Itu gak diurus apa ya sama pejabat Negara setempat. Kita udah capek disuruh lewat jalan gitu, makin panas aja (maaf) bokong kita. Untung gak panjang jalannya. Tapi Alhamdulillah sih itu rintangan terakhir. Karna keluar dari jalan itu, kita sampai di perempatan victor, berarti udah selangkah lagi menggapai tujuan. Ternyata kita sampai juga di almamater kita, Insan Cendekia (walau sempat pangling karna di depannya udah banyak bangunan gak jelas yang nutupin IC dari luar). Terbayar sudah kembara lintasan panjang kita dari bandung ke serpong selama 6jam. Fiuuh.

Yah ternyata perjalanan menuju IC naik motor dari bandung emang panjang ya, ceritanya aja sampe panjang gini. Yaudah cerita di IC sama perjalanan balik ke bandungnya nanti ajalah, dari pada kepanjangan gak ada yang mau baca lagi (emang yang ini ada yang mau baca).

3 komentar:

  1. mauu, pasti ada yg mau baca ;)

    itu parah banget bun sampai ketiduran. serem buun! --" hati2 laah.
    6 jam?! pake motor..? ckckck. padang-bukittinggi aja 2-3 jam itu udah capek duduk doang di atas mobil. gimana pake motor 6 jam O_O

    super sekali bun ! cerita yang di IC nya lagi doong :D

    BalasHapus
  2. ciee postingannya bukan tugas lagi X)

    BalasHapus
  3. doni: alhamdulillah ada yg mau baca (sujud sukur), beuh tunggu aja gerakan tangan gue selanjutnya don *sok banget

    piter: hahaha, yoi lagi gaada kerjaan pit, tp yg tugas cuma yg review doang kok (pembelaan)

    BalasHapus