Senin, 28 Oktober 2013

Gaya Saat Berfoto

wah, untuk yang satu ini, mungkin agak random nih postingannya. jadi ceritanya dari tadi asik baca-baca artikel di internet (ga dibaca sih sebenernya, cuma buka buat minta foto). nah, disini tertemukanlah sebuah fakta menarik tentang gaya berfoto. ternyata, gaya berfoto seseorang itu ada hubungannya dengan usianya. hubungannya berbanding terbalik antara usia dan jumlah jari tangan yang dipake, maksudnya? semakin tua usia seseorang, maka semakin sedikitlah jumlah jari dalam satu tangan yang digunakannya untuk bergaya saat berfoto! (hahaha) percaya ga, percaya ga? kalo ga percaya, coba deh buat yang punya adek atau ponakan, atau bocah kecil lain di rumah (atau anak tetangga juga boleh deh gapapa), terus suruh foto. kalo dia tipe yang suka gaya (ga pemalu), dia bakal bergaya dengan asiknya, dengan gaya melambaikan tangan membuka kelima jari tangannya, layaknya orang yang sedang dadah atau ingin menggapai sesuatu (bener ga?)
nih beberapa contoh foto lima jari ala bocah
ini lagi marah, tetep lima jari (gambar disadur dari sini)

ini sok imut tetep lima jari (gambar disadur dari sini)

mau nangis juga tetep lima jari (gambar disadur dari sini)

atau lagi cengok juga kekeuh lima jari (gambar disadur dari sini)

terus, naik ke tahap selanjutnya. remaja. nah di tahap ini nih, jari yang di pake udah semakin berkurang. ada yang cuma make tiga jari yang melambangkan metal (telunjuk, jempol, kelingking) (alay ya), atau bisa juga cuma dua jari melambangkan peace (telunjuk dan tengah), atau juga satu jari doang, jempol doang.pokoknya jarinya ga utuh deh. kalo ga percaya, buat yang anak sma atau mahasiswa terutama, liat aja gaya foto temen kalian yang narsis kalo di foto, buktiin deh! (bener ga?)
nih beberapa contoh foto beberapa jari dari remaja (maaf yang fotonya dipake) (ngambil random dari yang ada)
tuh si wawi kesenengan ngeliat taman teletabis di semeru, terus foto gaya dua jari

ini tri sapek yg kece ikutan ke semeru, di dalam jeep yg empet-empetan sempat foto, dengan gaya dua jari

ini si boam abis performance, gaya foto tetep remaja, tiga jari

tuh salman, meski udah brewokan, gaya foto tetep remaja, tiga jari, fadli tetep satu jari
 nah yang terakhir buat orang tua (terutama bapak-bapak). kalo gaya orang tua tuh udah ga pake jari-jarian lagi (udah malu-malu kali ya). biasanya orang tua itu malah nyembunyiin jari-jarinya dengan cara memegang tangan kanan dengan tangan kiri. kalo ga percaya, liat aja foto-foto calon walikota, calon gubernur, atau calon presiden yang dipajang di baligho (bener ga?) buat orang tua, fotonya ga bisa ditampilin, demi kenyamanan bersama, dan bentuk hormat kita buat orang tua.tapi, emang benerkan, emang ada orang tua yang masih make gaya beberapa jari waktu foto?

2 komentar:

  1. Hahaha boleh juga gan gaya anak kecilnya.

    Sekadar info gan, kalau gaya 'peace' begitu nggak cuma terbatas di remaja. Gaya tangan begitu justru populer lewat Perang Dunia II, dan artinya pun V dari Victory.
    Mungkin pernah liat si oom Winston Churchill bergaya gitu.
    Trus kalau yang elu tampakin punggung tangan alih-alih telapak tangan, di beberapa negara (Australia, Inggris dkk) maknanya jadi ejekan.

    Baru sejak 60an-70an sih, rasanya, gaya begitu mulai populer di kalangan umum dengan makna 'peace', terutama anak muda dari Asia Timur-Tenggara.
    Sering kan foto muda-mudi atau mudi-mudi yang foto pake gaya begitu.
    Di Jepang malah kayaknya hampir semua orang gayanya begitu kalau foto. Bahkan banyak yang ekspresi mukanya datar. Gue jadi heran sendiri (?)

    BalasHapus