Rabu, 17 Juli 2013

Yang Buruk, Tak Selalu Buruk

hari ini, aku menemukan sesuatu yang sudah lama tak ku lihat. setelah sekian lama tak bertemu pandang, akhirnya tadi aku bertemu kembali dengannya. seorang teman, kembali mempertemukan ku pada dirinya. dan, pertemuan kami itu, membuat ku tersadar akan suatu hal, hal yang mendasar, namun cukup bermakna di kehidupan ini. pertemuan itu, membuatku tersadar akan suatu hal, hal yang kerap disapa, bersyukur.

teman yang ku yang satu ini, tidak lain dan tidak bukan, adalah blog ku yang terdahulu, yang sudah berisikan sedikit tulisan aneh ku. aku tercengang, ketika pertama kali bersua kembali dengannya tadi. pikirku, benarkah ini hasilku? ku buka kembali memori ketika dulu masih bersamanya. ya, benar memang, ini hasilku, aku yang membuat, aku yang menulisnya.

inginku menghilangkannya, agar fikiranku tidak terpecah dengan keberadaannya. dengan keterbatasan pengetahuan, awalnya tetap ku usahakan untuk menghilangkannya. hingga akhirnya, bertanya, adalah satu usaha yang terakhir ku lakukan. dan, jawaban yang diutarakan teman ku, yang juga mempertemukan kami, sedikit membuka gerbang yang akan membuat ku berhasil menghilangkannya. ku coba mengikuti saran yang dari jawaban itu. namun, ketika hanya tinggal selangkah lagi aku akan berpisah dengannya, ada suatu hal yang membuatnya gagal.

akhirnya, aku mengalah. yasudahlah, fikirku. ku temui kembali teman lama ku ini, ku lihat hasil ku yang ada padanya. dan disinilah diriku tersadar akan suatu hal. bahwa tidak semua hal yang kita anggap buruk itu, benar-benar buruk pada kenyataannya. walaupun kita menganggap suatu hal buruk bagi kita, belum tentu orang lain beranggapan sama. bahkan, mungkin ada yang menganggapa apa yang kita anggap buruk itu merupakan suatu hal yang sangat baik untuknya.

karenanya, tak usahlah terlalu mengeluh dengan suatu hal yang kita anggap buruk di kehidupan kita. cukup syukuri, temukan sisi baiknya, yakinlah, itu pasti ada. dan jika benar-benar tidak mampu menemukan sisi baiknya, cukup jadikan itu sebagai pijakan, tolak ukur untuk mendapatkan sesuatu hal yang jauh lebih baik , di kehidupan kita berikutnya. jangan pernah mengeluh, itu hanya menghabiskan tenaga saja. syukuri sajalah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar