Jumat, 19 Juli 2013

Jadi Pemimpin Itu Mudah

(gambar disadur dari sini)


Menjadi pemimpin, adalah hal yang sudah menjadi tanggung jawab setiap individu yang ada, paling tidak untuk menjadi pemimpin dirinya sendiri. Seorang manusia, harus bisa memimpin dirinya sendiri, memimpin pikiran dan nafsu yang dimilikinya. Namun, bagaimana agar seseorang tersebut mampu untuk memimpin? 
 Tidak sulit. Mudah malah. Pertama, hal mutlak yang harus dimiliki seorang pemimpin, adalah mimpi. Siapapun tidak akan bisa menjadi pemimpin jika ia tidak mampu bermimpi, bercita-cita tinggi tentang apa yang akan dipimpinnya. Mimpi adalah hal mutlak yang dibutuhkan seorang pemimpin agar tahu, akan dibawa kemana apa yang dipimpinnya. Yang mana mimpi tersebut akan dituangkan dalam sebuah tujuan utama, sebuah visi. Visi, sesuatu yang menjadi penuntun arah utama seseoarang dalam memimpin, apapun itu yang dipimpinnya.

Selain itu, untuk menjadi seorang pemimpin, seseorang cukup dengan memiliki 3 langkah. Yaitu ‘Knows the Ways’, dimana dia tahu masalah apa yang ada di tempat dia akan memimpin itu dan tahu solusi apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah itu. Selanjutnya ‘Shows the Ways’, dimana dia bisa menyalurkan dan berbagi kepada setiap orang agar mengerti apa solusi yang ditawarkannya terhadap masalah itu dan mau bersama-sama dengannya menjalankan solusi itu. Dan terakhir, ‘Leads the Ways’ dimana setelah banyak yang mengetahui dan mengerti tentang solusi yang ditawarkannya, ia sendirilah yang memimpin untuk mengeksekusi solusi tersebut. Itulah idealnya seorang pemimpin hebat. Tidak sulit bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar