Selasa, 30 Juli 2013

Sindrom Cinta, Stockholm Syndrome

(gambar disadur dari sini)
stockholm syndrome, gue pertama kali denger istilah ini lewat lagunya muse. yaudah, biasalah, gue yang cuma sekadar penikmat musik, awalnya ga terlalu peduli ama nih judul lagu. gue emang bingung apa maksud dari tuh judul, tapi gue juga ga terlalu merhatiin liriknya awalnya buat seengganya sedikit memahami nih lagu. gue cuma dengerin celotehan vokalis, geukan drummer, ama melodis gitaris. yaudah gue nikmatin gitu aja.

sempet sih, nyoba nanya ke beberapa temen buat nyari tau apa sebenernya stockholm syndrom itu. tapi ternyata belum pada tau juga. stockholm sendiri merupakan ibukota salah satu negara di eropa. nah gue makin bingung aja nih. sindrom apa sih ini? kenapa di namain nama kota nih sindrom? ini penyakit atau apa sih sebenernya? tapi ya karna gue udah terlalu banyak fikiran (waktu itu), akhirnya gue ga terlalu mikirin hal ini. masih banyak yang harus gue (waktu itu)..

singkat cerita, waktu liburan habis dua bulan sibuk diklat dan osjur (ciee), karna nganggur gue iseng ngedengerin semua lagu-lagu lama (ga semua juga sih). dan, bertemulah gue kembali dengan lagu yang satu itu, stockholm syndrome! yaudah, ujuk-ujuk aja penasaran gue muncul lagi. gue cari tau dah tu, apaan si sebenernya sindrom stockholm itu... setelah pencarian yg super, gue akhirnya tau, apa itu stockholm syndrome!

jadi, stockholm syndrome (sindrom stockholm) itu suatu kejadian yang (kalo menurut gue) menunjukkan kalo cinta itu ga perlu alasan. ya, bahkan sangat membuktikan hal itu.

gue bisa berpendapat kaya gitu, karna waktu gue nyari artikel yang ngasi penjelasan tentang sindrom apa sih si sockholm ini, gue kaget! ternyata stockholm itu, adalah sebuah perubahan sikap yang dialamin sama orang yang menjadi korban suatu tindak kejahatan, khususnya korban penculikan dan penyanderaan. si korban ini, yang disandera, bakal menjadi 'ada rasa' sama si penyandera. ya, itulah stockholm syndrome, sindrom dimana korban penyanderaan atau penculikan akan mengalami suatu rasa, yang akrab kita sebut sebagai jatuh cinta, kawan! bahkan, menurut artikel yang gue baca itu, dari beberapa kejadian, korban yang mengalami stockholm syndrome itu sampe ada yang gamau diselamatin, ada yang ngebela si penjahat dari pihak kepolisian, dan yang lebih ekstrim, ada yang langsung depresi setelah si pelaku kejahatan itu mati. ya, itu wajar aja sih, namanya juga udah terlanjur ada rasa, mana ada yang tahan waktu orang yang disayang gaakan ada lagi di dunia ini.

tapi, yang gue ga abis pikir dari sindrom ini, gimana bisa si korban yang secara akal sehat, dia itu jadi korban lho, korban kejahatan, tapi malah 'fall in love' sama tuh yang berbuat kejahatan ama dia. apa selama jadi sandra, si korban diperlakuin dengan ramah, dihidangin makanan mewah, dikasih hadiah, dan dilayanin dengan sangat baik ama si pelaku? atau si pelaku begitu tampan, terlalu menawan, terlalu cantik, buat si korban, sampe-sampe bisa memikat si korban? atau si pelaku malah ngebujuk korban nyogok korban biar jadi ngedukung dia, ngebelain dia? apa sih alasan stockholm syndrome ini?

dan, waktu gue baca tuh artikel lebih lanjut, gaada satupun yang bisa menjelaskan dengan kongkrit apa alasan, yang membuat si korban mengalami yang namanya stockholm syndrome ini, gaada yang bisa ngejelasin, kawan! setelah akhirnya gue pikir-pikir lagi, kayanya emang gaada alasan yang bisa menjelaskan secara pasti penyebab sindrom yang satu ini. bahkan, jika ditanya pada si korban sekalipu, mungkin ia bisa menjawab kenapa, tapi tidak secara pasti, ia akan mengawali jawabannya dengan sedikit terdiam, berfikir sejenak, atau dengan menggunakan awalan 'kenapa ya?' tidak bisa ia jawab dengan langsung, lantang, dan tegas. karna hal yang ia rasakan begitu tiba-tiba, dan tak bisa diungkapkan dengan kata, karna yang ia rasakan, adalah sesuatu yang bernama 'cinta'.

ya, memang begitulah cinta, tidak ada definisi pasti tentang kata yang satu ini, tidak ada. dia datang begitu saja. kenapa? ya, karna cinta, tak butuh alasan. Tapi ingat, jangan sampe cinta bikin kita sesat ya (ini serius). Apa lagi sama lawan jenis kita. Pendamlah cinta itu sampai saat yang tepat, setelah nikah. Ok?

3 komentar:

  1. Kalo sama sesama jenis gimana, Bang Ibnu? :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja gan, karna 'rasa' disini gak cuma sebatas 'rasa' yang biasanya muncul sama lawan jenis, bisa juga 'rasa' persaudaraan atau dalam bahasa inggrisnya dibilang brotherhood gan

      Hapus
  2. baru baca ini artikel dan kayanya gue ngalamin ini

    BalasHapus