Minggu, 18 Januari 2015

Perjalanan Kereta

"Keretamu perlahan-lahan akan berjalan pergi, meninggalkan seluruh kenyataan" (sumber)

Ya, besok keretamu akan memulai perjalanannya, keretamu akan pergi, membawa serta dirimu dan seluruh beban yang kau pikul dipundakmu itu. Besok keretamu akan pergi, meninggalkan seluruh kemyataan bahwa kau belum cukup siap untuk perjalanan kali ini, yang seperti kau bayangkan selama ini, mungkin akan cukup melelahkan dari perjalanan yang pernah kau tempuh sebelumnya. Perjalanan yang mungkin akan terasa lebih panjang dari sebelumnya.

Besok keretamu akan memulai perjalanannya, keretamu akan pergi, membawa serta dirimu dan seluruh harapan yang disandarkan dibahumu itu. Besok keretamu akan pergi, perlahan meninggalkan kenyataan bahwa kau masih belum memiliki bekal dan persiapan yang cukup untuk perjalanan itu. Tapi perjalanan itu tetap harus kau mulai, seiring dengan datangnya hari esok saat dimana keretamu perlahan beranjak pergi. Pergi menempuh perjalanan yang mungkin sebenarnya enggan kau tempuh.

Tapi sekali lagi, besok keretamu perlahan-lahan akan berjalan pergi, tak peduli seberat apapun beban yang kau pikul, tak peduli seminim apapun bekal dan persiapanmu. Kau perlahan juga akan pergi, kemanapun keretamu membawa. Kini, yang bisa kau lakukan hanyalah menikmati perjalanan yang disajikan keretamu. Yang bisa kau lakukan hanyalah mengambil sebanyak-banyaknya hikmah pembelajaran dari perjalanan berat dan panjangmu. Karena tak peduli kau berkata apa, keretamu perlahan tetap akan berjalan pergi, membawa serta dirimu.

-------------------------------------------------------------------------------

Hei, sepertinya perjalanan pajang nan melelahkan ini akan terasa menyenangkan, jika kita menjalaninya bersama. Kita lebih hebat dari aku, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar