Selasa, 27 Januari 2015

Masa Lalu

Tentang masa lalu, terkadang adalah suatu hal yang menarik untuk diceritakan. Di lain sisi, terkadang ia menjadi suatu yang sangat tak ingin diungkit kembali. Tapi bukankah masa lalu adalah hal yang sangat berharga untuk dijadikan pembelajaran ke depannya. Lalu mengapa terkadang kita enggan untuk mengetahui masa lalu? Mengapa kita enggan untuk mengetahui sejarah?
Ya, sejarah adalah suatu hal yang sangat penting untuk dipelajari, untuk diambil pembelajarannnya. Bahkan ada yang mengatakan 'bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya'. Tapi apa yang terjadi pada bangsa ini? Pelajaran sejarah menjadi waktu yang digunakan untuk 'istirahat', bahkan tidur. Sedikit sekali orang yang tertarik dengan pelajaran satu ini. Mengapa hal itu bisa terjadi?
Setelah membaca tulisan seorang dosen disini, mungkin jawabannya adalah karena sejarah yang diceritakan kembali di masa ini, hanya mengambil bagian konflik fisiknya saja. Tak pernah sejarah menceritakan konflik perasaan yang terjadi di kala itu. Tidak ada penggambaran emosi pada sejarah yang diajarkan, yang diceritakan. Padahal, cerita tentang perasaan dan emosi lah yang membuat suatu tulisan dan cerita lebih menarik. Sepertinya kita harus banyak belajar bagaimana caranya menggambarkan perasaan dan emosi dengan baik dalam sebuah sejarah. Sepertinya bangsa ini akan lebih suka dan mencintai sejarah, dan menjadi bangsa yang besar.
Dan tentang sejarah, tentang masa lalu, ia tak pernah pergi meninggalkan kita, justru kita yang perlahan bergerak menjauh darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar