Jumat, 27 Desember 2013

Liburan Akhir Tahun 2013

libur tlah tiba.

pulang ke rumah. ya, itulah hal yang hampir pasti dilakukan setiap mahasiswa perantauan di waktu liburan. termasuk saya. namu, ada yang sedikit berbeda di liburan kali ini dibandingkan liburan-liburan sebelumnya. ada beberapa kenyataan yang harus saya terima. baik manis atau pahit. di tulisan kali ini saya akan coba ungkapkan hal-hal itu.

hal pertama yang menjadi perbedaan liburan kali ini dengan liburan-liburan sebelumnya, yang menjadi kenyataan pahit yang harus saya terima adalah, bahwa beliau yang biasanya selalu ada di rumah ketika saya pulang, selalu menyambut saya dengan tangisan harunya, dengan mengalirnya bulir air dari mata beningnya, kini beliau telah tiada. beliau ternyata lebih disayang allah, dan dipilih untuk menemuinya terlebih dahulu. beliau adalah nenek saya, beliau yang akrab saya sapa amak. allahummaghfir laha warhamha wa 'afiha wa'fu'anha. semoga beliau deiberikan tempat terbaik di sisi allah. amin. mulai liburan kali ini, dan liburan berikutnya, tak kan ada lagi tangis haru yang akan menyambut kedatangan keluarga kami di rumah ini.

berikutnya, kenyataan indah yang saya temui ketika pulang. hal ini adalah hal yang juga pasti selalu saya temukan di saat saya pulang mengisi waktu liburan. hal itu adalah bahwa setiap waktu saya samai di rumah, memasuki kamar, pasti kamar saya telah tertata dengan sangat rapi. lengkap dengan lantai tanpa sedikitpun kotoran yang ada padanya, dengan tempat tidur yang telah dibungkus nyaman oleh seprai wangi yang baru dipasang. ah, itulah kebaikan seorang ibu, bukan. beliau yang selalu bahagia menyambut kedatangan  kita, anak-anaknya. bahkan saking gembiranya, mereka akan menyambut kita dengan segala persiapan terbaik yang akan dilakukannya, sebagai luapan perasaan bahagianya itu. tiadalah seorang pun yang akan mampu menandingi kebaikan, ketulusan, dan kasih sayang seorang ibu pada anaknya. kami, anakmu, menyayangimu dengan setulus hati, meski hal itu tak pernah terucap dari mulut kami, wahai ibunda. semoga allah selalu melindungi dan menyayangimu.

kemudian, hal berikutnya adalah bahwa di liburan kali ini, sama seperti liburan semester sebelumnya, akan ada seorang gadis kecil, yang imut dan lucu yang akan hampir selalu menemani ku di setiap hari liburan ku ini. gadis kecil gendut ini adalah keponakanku, aqila namanya. umurnya setahun tiga bulan. ukuran badannya subur sekali, enak untuk dicubit, apalagi pipinya yang bulat. omongannya yang entah apa, hanya bisa bersuara aneh ala khas bocah kecil, selalu menyemarakkan rumah ini. memang, anak kecil adalah hal paling menyenangkan untuk dilihat. kebahagiaan mereka, kegembiraan mereka yang sangat sederhana, membuat dunia kita menjadi lebih indah dan semarak. mereka memang karunia buat orang tua dan orang-orang di sekitarnya.

mungkin itullah beberapa hal yang saya dapatkan ketika pertama kali tiba di rumah pada saat liburan kali ini. di samping hal-hal lain seperti mulusnya jalan di kota kelahiranku ini, pekanbaru. berbeda sekali dengan jalanan di kota tempat ku kuliah sekarang, bandung, yang jalanannya masih ada yang berlobang, bopeng. atau hal lain tentang lingkungan sekitar di pekanbaru yang juga berbeda dari lingkungan di bandung.akan menjadi tulisan yang lebih panjang lagi jika dibahas. jadi sudahi sajalah tulisan kali ini. terakhir, selamat buat arsenal, yang berhasil meraih kembali puncak klasemen BPL. pertahankan hingga meraih gelar juara bung!

buat penutup, saya akan tampilkan sedikit gambar ponakan saya yang super lucu itu.



 

6 komentar: