Sabtu, 07 Desember 2013

Isa a.s dan Seorang Yahudi

kisah kali ini merupakan sebuah kisah yang pernah dikisahkan langsung oleh rasul terakhir, rasul akhir zaman, penutup para rasul sebelum beliau, rasul setelah rasul Isa a.s. kisah yang pernah dikisahkan langsung oleh rasul muhammad s.a.w., shalawat dan salam selalu tercurahkan untuk beliau. beliau mengisahkan kisah yang akan ane kisahkan di kisah kali ini, kisah tentang Isa a.s. dan seorang yahudi.

tersebutlah suatu ketika rasulullah, isa a.s, tengah melakukan perjalanan untuk menjemput pengikutnya (perkara khusus buat isa a.s. tidak pernah disebut kaumnya ataupun umatnya, karena memang beliau adalah anak yang langsung ditiupkan ruh oleh Sang Pemilik Ruh ke dalam rahim ibunda beliau, maryam). beliau melakukan perjalanan bersama seorang yahudi yang tak disebutkan namanya, untuk apalah.

perjalanan mereka untuk menjemput pengikut isa a.s. dimulai. dengan berbekal sebongkah roti, isa a.s. memulai perjalanannya. sementara si yahudi tadi memulai perjalanannya dengan berbekalkan dua bongkah roti. setelah beberapa jam berjalan, isa a.s. berkata pada si yahudi,'sungguh pintar dirimu, membawa dua roti sebagai bekal. bolehlah salah satu dari roti itu kita bagi berdua untuk perbekalan, sesungguhnya aku hanya membawa satu roti.' si yahudi itu hanya diam, dan mereka kembali meneruskan perjalanan.

suatu saat, ketika waktu shalat di zaman itu tiba (sungguhlah sebelum islam diajarkan oleh rasulullah s.a.w. telah ada perintah Sang Maha Memiliki Perintah untuk menyembah kepadanya), isa a.s. segera mencari tempat untuk berhubungan dengan Sang Penciptanya, dengan menunaikan ibadah sholat. sedangkan si yahudi tadi, ia menuju tempat dengan arah berlawanan dari arah isa a.s. mencari tempat sholat. di tempat tersebut, ternyata yahudi itu memakan salah satu roti yang dibawanya. setelah salah satu rotinya habis, ia kembali ke tempat isa a.s. selesailah isa a.s. menjalankan sholat. lalu isa a.s. memutuskan untuk memakan perbekalan berupa roti yang mereka bawa. kala itu, si yahudi mengatakan pada isa a.s. bahwasanya ternyata ia hanya membawa satu bongkah roti, tak lebih. mendengar hal itu isa a.s. hanya diam.

(gambar disadur dari sini)
setelah menghabiskan perbekalan, mereka kembali melanjutkan perjalanan. malam datang. kemudian isa a.s. memutuskan untuk beristirahat dibawah suatu pohon yang rindang untuk bermalam. mereka tidur di bawahnya. pagi harinya, mereka kembali merasakan lapar, wajar, mereka memang tidak makan di saat malam. tiba-tiba, seekor rusa melintas di hadapan mereka, isa a.s. pun memutuskan untuk memburu rusa itu dan menjadikannya makanan. singkat cerita, rusa tersevut berhasil mereka dapatkan dan kemudian mereka makan. setelah memakannya, dengan izin Sang Maha Pemberi Kehidupan, isa a.s. menghidupkan kembali rusa tersebut (dari kisah yang dikisahkan rasulullah s.a.w. inilah kita mengetahui bahwa salah satu mukjizat isa a.s. adalah menghidupkan makhluk yang telah mati). melihat hal itu, si yahudi tadi berujar,'maha suci allah'. isa menanggapi kalimat terebut dengan berkata,'demi zat yang telah menghidupkan rusa tadi, siapa yang telah memakan roti yang satu lagi engkau bawa?' yahudi itu bersikeras dengan menjawab,'demi allah, aku hanya membawa satu roti'. isa a.s. hanya diam, dan memilih melanjutkan perjalanan.

(gambar disadur dari sini)
setelah beberapa jauh berjalan, mereka bertemu dengan seorang buta, yang sejak lahir tak bisa melihat. melihatnya, isa a.s. mengusap mata si buta itu. dan dengan izin Sang Maha Melihat, si buta langsung bisa melihat keindahan cahaya dunia, meskipun awalnya cahaya menjadi begitu menyakitkan untuknya (bukankah untuk orang yang terbiasa dalam kegelapan, keagungan cahaya yang sedikit menyinarinya pun akan terasa sangat menyilaukan bahkan menyakitkan). melihat si buta yang kini bisa melihat, si yahudi kembali berujar,'maha suci allah'. dan isa a.s. berkata,'demi zat yang memberikan penglihatan pada orang itu, siapakah yang telah memakana satu roti yang kau bawa?' yahudi tetap menjawab dengan,' demi allah, aku ahnya membawa satu roti.' isa a.s. hanya diam mendengar jawaban itu, dan memilih melanjutkan perjalanan.

setelah berjalan cukup jauh, kini mereka harus menyeberangi sungai yang cukup lebar dan di dalamnya hidup berbagai hewan buas yang bisa membahayakan nyawa manusia. dan dengan izin Sang Maha Pemilik Kekuatan, isa a.s. menyeberangi sungai itu dengan berjalan di atas permukaan airnya, berjalan di atas air, bahkan degnan membawa si yahudi tadi. dengan kejadian itu, si yahudi kembali berujar,' maha suci allah'. dan isa a.s. kembali berkata,' demi zat yang membuat kita mampu berjalan di atas air, siapa yang memakan roti mu yang satu lagi?' namun si yahudi tetap menjawab,'demi allah, aku hanya membawa satu'. kembali isa a.s. hanya diam mendengar jawaban itu, dan kembali melanjutkan perjalanan.

(gambar disadur dari sini)
perjalanan dilanjutkan, hingga suatu ketika mereka tiba di sebuah kampung, yang mana kampung tersebut telah hancur porak-poranda, luluh-lantah. entah apa yang telah terjadi di sana. namun, di tengah kondisi itu merka menemukan tiga peti di tengah kampung tersbut, yang ternyata setelah dibuka adalah peti yang berisikan emas. melihat jumlahnya yang tiga, isa a.s. berkata,'bagaimana kalau harta ini kita bagi, satu untuk ku, satu untuk m, dan satu biarlah untuk orang yang telah memakan roti mu yang satu lagi'. mendangar hal itu, sontak si yahudi berkata,'sungguhlah aku pemilik dari dua di antara tiga peti harta ini, aku yang telah memakan kedua roti yang ku bawa'. isa a.s. kembali diam, namun ia meninggalkan si yahudi itu di kampung tersebut bersama seluruh peti harta, sedangkan ia kembali melanjutkan perjalanan menjemput pengikutnya.

si yahudi yang tinggal di kampung tersebut kebingunan, bagaimana caranya ia membawa ketiga peti harta yang sangat berat itu, sedangkan ia hanya sendirian. tak lama ia berfikir, datanglah tiga orang perampok, yang juga melewati kampung tersebut. melihat tiga buah peti yang berisikan penuh harta mewah yang hanya dijaga olrh satu orang yahudi, ketiga perampok itu langsung membunuh si yahudi tadi tanpa banyak babibu. si yahudi pun tewas tergeletak di saming harta yang tak jadi dimilikinya. kemudian ketiga perampok ini memutuskan untuk menyuruh salah seorang dari mereka untuk mencaari makanan. salah seorang dari mereka pun pergi. setelah mendapatkan makanan, seorang ini berfikiran untuk membunuh kedua rekannya yang menunggu di dekat harta, agar ketiga harta itu menjadi miliknya semua. maka ia pun meracuni makanan tersebut setelah sampai di kampung tempat harta dan temannya berada, alih-alih meracuni kedua temannya, seorang yang mencari makanan ini malah dibunuh oleh kedua temannya yang menunggu, ternyata mereka berdua telah berencana untuk membunuhnya agar hartanya bisa mereka bagi dua. setelah mambunuh seorang yang mencari makanan ini, dengan yakinnya mereka memakan makanan yang telah dibawa oleh orang yang mereka bunuh tadi, tanpa curiga sedikitpun. dan, karena memang makanan telah diracuni lalu tewas seketika. berakhirlah kehidupan ketiga peramok itu, juga di dekat harta yang mereka perebutkan dengan cara kotor.

sementara isa a.s. berhasil menjemput pengikut beliau. dan di perjalana pulang, isa a.s bersama pengikut beliau melewati kampung yang terdapat tiga peti harta dan empat mayat tadi. isa a.s berkata pada pengikut beliau,'itulah hal yang akan terjadi pada orang yang terlalu mencintai dan mengejar dunia,' sembari menunjukkan keempat mayat yang tergeletak di sekitar peti harta tadi.

ya, itulah kisahnya. semoga allah menjauhkan kita dari segala sifat buruk, terutama tamak, rakus, dan hubbud dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar