Kamis, 03 Oktober 2013

Asal Mula Indonesia

Ada satu dari beberapa pertanyaan yang muncul di dalam kajian ilmu kemasyaraktan yang gue dapat malam ini, yang sampai bisa membuat gue bertekad buat ngisi blog gue yang kayanya udah mulai berdebu dan banyak sawang (jaring laba-laba)nya. Sori, gue lupa gimana tepatnya redaksi kalimat dari pertanyaan itu. Tapi intinya dari pertanyaan itu adalah gini, gimana kalau seandainya dulu bangsa ini, bangsa yang sekarang dipanggil Indonesia ini, ga pernah ada yang menjajah? Gimana kalau seandainya dulu portugis, belanda, ataupun jepang, ga pernah datang buat menjajah bangsa yang sekarang ada ini? Apakah bangsa ini bakal tetap ada di zaman sekarang ini?

Itu dia inti dari pertanyaan yang ditulisan ini pengen gue bagi, meskipun baginya entah sama siapa. Ga pernah kefikiran sih sebelumnya, khususnya buat gue sendiri, jawaban dari pertanyaan itu. Bahkan mungkin pertanyaan itu aja ga pernah muncul di dalam pemikiran gue. Tapi sekarang, gue ketemu sama pertanyaan kaya gitu, yang sekarang menurut gue itu pertanyaan yang aneh, tapi punya makna. Coba deh fikirin, andai aja dulu kondisi bangsa ini ga dijajah, ya Indonesia kayanya ga bakal ada, iya kan?  Apa sih yang sebenernya bikin indonesia itu jadi ada? Perasaan dulu sebelum dijajah belanda, atau portugis yang datang pertama kali, adanya Cuma kerajaan-kerajaan, bukan Indonesia. Sebenernya yang dulu itu dijajah, secara logika bukan Indonesia. Kenapa? Ya karna Indonesia itu belum ada. Kapan Indonesia ada? Kapan Indonesia itu berarti dari sabang sampai merauke? Sebenernya arti Indonesia yang dipake sukarno dalam teks proklamasi,’atas nama bangsa indonesia’ itu apa sih? Emang dia udah nanya dari sabang sampe merauke kalau itu emang atas nama mereka?

Mungkin, kalau baca-baca sejarah, kalau diujuk-ujuk, orang-orang dari seluruh penjuru yang sekarang jadi daerah Indonesia, dari sabang sampai merauke itu mendeklarasikan kalau mereka bagian Indonesia itu sejak sumpah pemuda. Disumpah pemuda itu, orang-orang dari berbagai rumpun daerah yang berbeda menyatakan kalu dia berstatus Indonesia. Ya, mungkin dari situ Indonesia itu ada. Jadi, jelaskan? Kalau gitu kita harus berterima kasih dong buat penjajah kita, yang udah membuat Negara ini jadi ada. Coba kalau gak dijajah, bayangin aja, suku di Indonesia banyak banget loh. Bedanya bisa beda banget gak ada kemiripan sama sekali lagi. Mana bisa kalau gak dilatar belakangi sama rasa sependeritaan, suku-suku yang ada di bangsa ini bisa bersatu. Ternyata emang Indonesia ada itu ya karna kita dijajah, jadi daerah-daerah jajahan itu yang sekarang jadi Indonesia kan? Kalau aja dulu Sumatra, atau jawa yang jajah bukan belanda. Missal aja yang menjajah jawa itu inggris, beuh maju banget dah tuh ‘negara Sumatra’ sekarang. Tapi Sumatra ga bakal jadi bagian Indonesia kalau kaya gitu ceritanya. Negara Indonesia itu bagian-baigannya sekarang ya semua bekas jajahan belanda. Jadi yang nyatuin kita itu belanda! Jago sih belanda, gajah mada aja gagal nyatuin nusantara. Malah dengan keangkuhannya buat berkuasa, bukan nyatuin, gajah mada malah bikin perang saudara, ampe sekarang masih adakan bekas ulah gajah mada yang bikin slek dua suku di jawa. Bad luck gajah mada.


Ya, jadi itu sih jawabannya. Kalau aja dulu gak ada penjajah, maka gak bakal ada lah Indonesia ini. Kalau kaya kata iklan,’dulu sebelum dijajah Indonesia gak ada, tapi setelah dijajah Indonesia jadi ada, terimakasih penjajah’. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar