Kamis, 27 Maret 2014

Yuk, Jajan Makanan Khas Indonesia, di Wisata Kuliner Melayu 2014 :)

Ya-Ha!!!

cuma itu yang bisa terucap dari mulut ku ketika wisata kuliner melayu 2014 hanya tinggal tak lebih dari 10 hari lagi. ya! minggu depan, tepatnya tanggal 5 april 2014, akan ada sebuah acara menarik, yang pasti acara ini akan sangat memanjakan para pecinta wisata kuliner. dan hebatnya, wisata kuliner ini, sesuai namanya, adalah wisata kuliner yang menyediakan makanan khas indonesia! makanan yang akan disajikan pada acara yang hanya diadakan sekali setahun ini, adalah sajian khas melayu riau. ah, belum pernah mencicipi sajian khas kampung halaman ku ini? bah! rugi! citarasa yang disajikannya sangat bisa menggoyang lidah penikmatnya. cita rasa a la sumatra, yang penuh bumbu, akan bisa memanjakan lidah penikmatnya. sajiannya akan mampu membuat lidah ingin meminta tetap makan, walau perut sudah tak mampu menampung lagi! tak percaya? bolehlah aku perlihatkan beberapa sajian yang akan disediakan pada acara wisata kuliner melayu minggu depan. tapi maaf sebelumnya, jangan berharap aku akan mampu menjelaskan secara rinci tentang makanan yang akan aku tunjukkan ini. aku tak terlalu mengerti. jadi mungkin hanya akan sedikit info yang akan aku berikan, bukan sebuah penjelasan lengkap dan rinci tentang makanannya. dan, inilah dia!

  • Roti Jala

roti jala. kenapa makanan ini yang aku tunjukkan pertama kali? pastilah karena memang inilah makanan sajian di wisata kuliner melayu 2014 yang menurut ku paling maknyus! roti jala, sebuah makanan yang terbuat dari suatu tepung, maaf aku tak tahu tepung apa, yang dipadukan dengan bahan masak lain, dan dibuat berbentuk menyerupai jala untuk menangkap ikan (yang berwarna kuning pada gambar). roti ini disajikan dengan kari, bisa kari ayam atau pun kari sapi. terbayang, empuknya roti, yang kemudian dipadukan dengan citarasa kari khas sumatra yang kaya bumbu, pekat santan, dan sedikit pedas, membuat penikmatnya akan merasakan betapa nikmatnya cita rasa makanan khas indonesia! pokoknya, roti jala ini paling recomended buat dicoba!
  • ketan durian
ah, buat pecinta durian seperti ku, ini adalah sajian yang sangat tidak boleh terlewatkan! sajian ini adalah berupa buah durian, atau daging bijinya yang akan dimakan lebih tepatnya, yang diambil langsung dari buahnya yang baru di kupas di temat penyajian, yang kemudian dipadukan dengan beras ketan yang legit dan empuk serta sedikit gurih! hmm, menuliskannya saja sudah membuat air liur di mulut ku menjadi lebih banyak. ketan durian ini juga disajikan dengan sedikit taburan kelapa parut pada ketannya, untuk menambah cita rasa khas sumatranya. kelembutan durian yang manis sedikit lengket dimulut dipadukan dengan kelembutan ketan yang gurih ditambah dengan citarasa kelapa parut membuat sajian satu ini menjadi jajanan yang paling banyak diminati di riau sana. jika sedang berkunjung ke kota pekanbaru, pasti kalian akan menemukan banyak sekali pedagang ketan durian ini. tentu saja, cita rasanya yang mani dan gurih membuat banyak orang yang ingin menikmatinya!
  • mie lendir
kali ini adalah sajian yang tak boleh dilewatkan oleh para pecinta jenis mie. mie yang berasal dari batam ini sangat bisa memanjakan lidah penikmatnya. lihatlah gambarnya, membuat kita menelan ludah, bukan? ditambah, ini adalah makanan khas pulau batam! wah, pasti cita rasa khas melayu kepulauan akan sangat terasa di sini. paduan mi, beberapa jenis sayuran segar, dan kuah khas melayu kepulauan, membuat cita rasa mie lendir lain dari mie yang lain!
  • bolu kemojo
untuk yang satu ini, adalah sebuah sajian berjenis camilan. bagi yang pernah berkunjung ke riau, bolu kemojo ini adalah makanan yang paling sering dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di tempat asalnya. kenapa bolu kemojo? karena bolu khas melayu riau ini sangat berbeda dari jenis bolu-bolu lainnya. bedanya, jika pada kebanyakan bolu teksturnya lebih rapuh karena adanya soda kue, tidak begitu dengan bolu yang satu ini. tekstur yang dimilikinya lebih padat, lebih 'berisi'. ketika kita menggigitnya, sensasi gigitan yang diberikannya tak sama dengan sensasi gigitan yang diberikan oleh bolu lainnnya. bolu kemojo lebih kenyal, namun tetap berbentuk bolu. penasaran? rasakanlah sendiri sensasi menggigit bolu kemojo ini! apa lagi ditambah dengan rasa dan aromanya yang khas, manis, tapi tak terlalu manis. ah, sudahlah. aku tak terlalu bisa menggambarkannya. langsung saja coba!
  • laksamana mengamuk
nah, kalau yang satu ini, adalah sajian berupa minuman unik. pastinya, tatap khas melayu. namanya saja sudah unik, bukan. minuman yang satu ini berisi potongan buah mangga segar dan manis, yang disajikan dengan larutan air spesial, racikan khas orang melayu riau. konon, minuman ini dinamakan laksamana mengamuk, karena dulu pernah ada laksamana (raja) yang tengah berjalan-jalan di kebun mangganya. ditengah perjalanannya menikmati aroma kebun mangga, ia mendapat kabar bahwa istrinya selingkuh dengan pria lain! sontak ia pun marah, mengamuk! ia mengamuk, dan mengayun-ayunkan pedang yang dimilikinya disepanjang perjalanan keluar dari kebun mangga, untuk mencari istrinya dan selingkuhannya. demikianlah, ternyata ayunan pedang sang laksamana membuat buah-buah mangga yang ada di kebun terpotong-potong. alih-alih di buang, para pekerja kebun itu berkreatifitas menciptakan minuman yang nantinya akan di tambahkan potongan buah mangga akibat amukan sang laksamana. dan jadilah, laksamana mengamuk! begitulah konon kisah dibalik nama laksamana mengamuk. terlepas dari benar atau tidaknya cerita itu, citarasa dan kesegaran yang diberikan oleh minuman ini sangat bisa membuat kerongkongan kehilangan rasa dahaganya!

nah, itulah dia beberapa makanan khas melayu yang akan disajikan di festival wisata kuliner melayu, pekan depan. sebenarnya, masih banyak sajian khas melayu lain yang akan disajikan di wisata kuliner itu. ada jenis makanan lain seperti nasi dagang, kole kacang, rujak malaka, laksa, dan tepung gomak. dan ada juga berbagai jenis minuman lain, seperti air mata pengantin, air mata kucing, dan air tahu. tapi, keterbatasan penulis membuat hanya beberapa saja yang bisa dijelaskan ditulisan ini. 

ah, aku tak sabar mencicipi semua sajian khas melayu itu. yuk ah, berjajan ria di wisata kuliner melayu 2014! 

terima kasih pada sumber gambar:
    -roti jala
    -ketan durian
    -mie lendir
    -bolu kemojo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar