Minggu, 23 Maret 2014

Cinta..? Ah, Aku Tak Mengerti..

halo semua, perkenalkan, nama ku andi. aku seorang remaja, seorang pemuda tanggung. ya, usia ku kini tengah menginjak masa-masa, yang kalau kata kebanyakan orang sekarang, adalah masa-masa paling galau, masa-masa paling labil, tapi juga masa-masa paling indah. masa-masa dimana teman-teman seusia ku mulai menyukai lawan jenis. bukan berarti selain masa ini orang-orang tidak menyukai lawan jenis, tidak. kau pasti tahu, bukan itu pastinya yang ku maksud. tapi, yang aku maksudkan disini adalah bahwa usia ku kini adalah masa dimana suatu perasaan yang abstrak itu muncul. perasaan yang sering disebut cinta. dan inilah yang akan menjadi topik tulisan ku kali ini. tentang cinta.

cinta. ah, sebenarnya aku bukanlah termasuk orang yang suka berbicara tentang topik yang satu ini. dan kali ini adalah pertama kali aku membuat tulisan tentang cinta. kenapa? karena menurut ku cinta itu tidaklah selalu sesuatu yang indah. buat ku cinta adalah suatu hal yang rumit, abstrak, dan membingungkan. dari dulu, aku mencoba untuk membuat suatu hal berbau cinta, entah itu puisi, lagu, gambar, atau hanya sepenggal kalimat. namun entah kenapa tak pernah mampu ku buat semua itu. bahkan untuk menuliskan kata 'cinta' itu saja sangat asing bagi ku. ah, tampaknya aku memang tidak terlahir sebagai seorang pujangga cinta. tak pernah kuasa ku rangkai kata hingga membentuk sebuah prosa nan indah tentang cinta. begitulah cinta bagi ku, terlalu membingungkan, walau  hanya sekedar membuat kata cinta itu sendiri.

dan, karena bagi ku cinta itu adalah hal yang rumit, tak pernah ada satu tulisan yang ku buat adalah sebuah mahakarya tentang cinta. pun dengan tulisan ini. jangan harap kalian akan menemukan tulisan indah tentang cinta di tukisan ini. ah, sekali lagi aku hanyalah seorang pemuda yang menganggap cinta suatu hal yang rumit, abstrak, dan membingunkan. tak pernah bisa ku mengerti, apa itu cinta. apakah jika aku tertarik, suka pada seorang lawan jenis ku, maka itu berarti aku sedang jatuh cinta? ah, entahlah. sudah ku katakan bukan, aku pemuda yang kurang memahami cinta.

(gambar disadur dari sini)
jika tentang kata 'cinta' saja aku kurang mengerti, apalagi jika kata itu ditambah kata lain didepannya. ya ampun, aku akan semakin bingung dengan dua kata yang membentuk frasa itu. entah itu 'jatuh cinta', 'nyatakan cinta', atau 'putus cinta'. tidak, aku tidak mengerti. aku sama sekali tak mengerti dengan jalan cinta yang sering diceritakan teman-teman ku. mereka sering bercerita tentang hal yang sama. masa indah jatuh cinta dimana pikiran yang jatuh cinta akan selalu dibayangi dan dihantu yang dicinta, tiada hari tanpa pikiran tentangnya. kemudian akan menjadi lebih syahdu dan bahagia jika tahap nyatakan cinta telah terlewati dan 'diterima', masa dimana senyum selalu merekah dibibir keduanya saat bertemu. namun hampir pasti selalu ada akhir, yang bernama putus cinta. ah, mereka selalu bercerita tentang hal yang sama pada tahap ini.

bisa dikatakan, aku bosan mendengar cerita mereka tentang bagaimana ketiga tahap ini bisa, mungkin harus, datang pada mereka. aku tak mengerti tentang tiga tahap yang mereka pasti mereka lalui, namun tak jera mengulanginya kembali. yah, mungkin karena kata seorang teman,'putus cinta itu sih biasa, yang gak biasa itu kan putus tapi masih cinta,' aku sendiri tak begitu paham maksudnya. sesuatu yang berbau cinta bukan hal yang mudah untuk ku pahami. jadi, entahlah aku tak mengerti maksudnya. cinta begitu membingungkan buatku.

yah, karena memang, kembali lagi aku bukan orang yang mengerti cinta, tulisan ini pun cukup sampai disini. cinta memang membignungkan buatku. abstrak, aneh. jadi harap dimaklumi jika tulisan ku tentang cinta ini membingungkan, abstrak, atau aneh. nama ku andi, salam cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar