Senin, 17 Februari 2014

Inilah yang Pasti Dimiliki Kaum Adam

ada satu, yang mana satu ini merupakan hal yang gak akan pernah lepas dari kaum adam. hal ini bisa dibilang adalah kekayaan yang pasti selalu dijaga sama para cowok. cowok mungkin gak bakalan terlalu lama heboh, gak terlalu lama sedih, kalau mereka kehilangan milik mereka selain yang ini. cowok gak akan terlalu sedih kalau kehilangan handphone, dompet, sepatu, atau apapunlah yang mereka miliki, asal yang satu ini masih ada. apa itu?

(gambar disadur dari sini)
hal itu adalah ego. ya, ego. kita, kaum adam ini, bakal selalu menjaga dan memelihara ego kita. apapun mungkin akan kita lakukan asal ego kita terjaga. apapun. bahkan kita hampir pasti lebih mengedepankan ego dibanding perasaan atau logika kita. ini lah yang membuat kenapa cowok bersifat gak mau kalah. cowok itu paling susah ngalah, karna kalau dia kalah, egonya turun. padahal ego ini buat cowok sama kaya kekayaannya, hartanya. dan kaya yang ane sebutin di awal tadi, cowok itu pasti paling gak mau kehilangan hartanya yang satu ini apapun akan dilakukannya buat menjaga hartanya yang satu ini. karena itulah cowok paling gak mau kalah.

dalam tulisan ane yang ini, ane bilang kalau cowok suka sama kompetisi. kenapa? ternyata penyebabnya adalah ego kita bro! ada anggapa dalam pikiran kita, kaum adam, kalau kita bukan cuma gak boleh kehilangan harta kita yang satu ini, tapi kita juga harus menjaga bahkan menambah ego kita ini. nah, salah satu cara tersimpel untuk menjaga ego kita adalah dengan ikut kompetisi. kenapa? dalam kompetisi tentunya ada rasa gak mau kalah dari yang lain, bukankah itu ego? ya, kompetisi adalah cara untuk menonjolkan ego kita. seberapa besar rasa gak mau kalah atau ego kita itu. kalau kita menang, pastinya ego kita makin besar, bukan? ya, itulah tampaknya mengapa cowok suka yang berbau kompetisi. karena untuk menjaga egonya!

ada lagi hal menarik lainnya dari ke-ego-an cowok ini. ada lagi pemikiran bahwa semakin keren suatu yang dimilikinya, maka egonya juga akan semakin besar. lihat aja, cowok yang kemana-mana naik ninja akan memiliki ego yang lebih besar dari pada cowok yang kemana-mana naik sepeda. perhatiin gak, semakin keren motornya, semakin besar suara knalpotnya. itu ya karna buat narik perhatian orang-orang buat ngelihat motor keren itu, ego bro! sampai ada yang cuma membesarkan suara knalpotnya walau motornya biasa aja. cuma buat nunjukin egonya. cuma dia yang boleh berisik dijalanan. yang kemana-mana naik RX-8 pasti egonya lebih besar dari pada yang kemana-mana naik sedan biasa. semakin keren yang dia punya, semakin naik egonya.

nah ada lagi muncul hal unik baru dari sana. ada pemikiran lagi di cowok, dia bisa naikin egonya dengan yang namanya fitnes. kenapa cowok-cowok fitnes? biar keliatan keren! gak ada alasan lain. semua cowok yang suka fitnes tuh ya, dia fitnes bukan karena apa-apa, biar keliatan keren. itu aja. suruh ngaku deh semua temen ente yang doyan fitnes. dia pasti fitnes biar keliatan keren. oh, ada yang jawab biar kuat? emang kerjaannya apa sampai butuk kekuatan? dia kuli? tukang angkut barang? engga kan? oh, ada yang jawab biar sehat? yaelah bro, semua orang juga tau kalau fitnes bukan buat sehat tapi buat ngebentuk badan. kalau mau sehat mah yaudah olahraga kardio kaya lari atau renang juga cukup kali gak usah fitnes. orang-orang fitnes itu biar keliatan keren. biar egonya naik. fitnes buat cowok sama kaya dandan buat cewek. cewek dandan biar keliatan cakep kan? lah iya cowok yang fitnes juga biar keliatan cakep. fyi aja, di semua tempat fitnes pasti dindingnya dilapisin cermin, buat ngaca. cermin ada di sekeliling ruangan fitnes. ya sama kan kaya cewek, kalau dandan liat cermin? lah cowok yang fitnes juga gitu. sambil ngaca, ngangkat beban, liat badannya yang jadi. geli dah pokoknya kalau masuk tempat fitnes. tapi ya itulah, itu semua biar egonya terpelihara.

atau buat yang punya gebetan, pacar, atau mantan. dalam hal ini tetep aja ego itu nomor satu buat cowok. ada yang gak mau ngehubungin gebetannya duluan, karena kalau dia duluan yang ngehubungin anggapannya egonya kalah dari gebetannya itu. jadi yaudah galau lah dia nunggu si gebetannya ngehubungin duluan. buat yang pacaran, gak mau ngajak jalan duluan, nunggu pacarnya yang ngajak, egonya dijaga tapi sambil galau nunggu kapan diajakin jalan ama si dia. atau yang udah putus, tetep aja galau nungguin kabar lagi dari si mantan, gak mau banget ngehubungin walau sekadar nge-sms, kalau ketemu pura-pura gak lihat. maunya di-sms-in duluan, maunya disapa duluan, padahal dalam hati terus berharap bisa berkomunikasi lagi sama dia. ego lagi. tapi ya, itulah cowok. ego itu nomor satu. ego itu gak boleh hilang. harus selalu dijaga. bahkan bisa jadi super ego.

buat penutup, kepada kaum adam, bro, kita emang harus menjaga ego kita ini, jangan mau direndahkan sama orang lain. tapi jangan terlalu berlebihan kaya yang di atas juga lah egonya. sewajarnya aja, sepantasnya aja. jangan ego mengalahkan logika, jangan ego mengalahkan hati nurani. karna sejatinya bukan ego yang menguasai kita, tapi kita harus menguasai ego kita. bisa kita gunakan disaat-saat yang tepat. bukan setiap saat memperdayai kita dengan kepongahannya.

9 komentar:

  1. Rasa-rasanya gue nggak mau mengakui tulisan ini (terutama paragraf 5 dan 6) sebagai kenyataan bang.
    ...
    Padahal dengan gue nggak mengakui, justru kekuatan ego makin terbukti. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, si babang anak fitnes gicen gak setuju nih :v

      eh, berarti bang gian punya gebetan/pacar/mantan nih, njiyee, yang mana bang diantara tiga itu yg membuat gak setuju?

      Hapus
    2. Nggak mau ngakuin aja sih bang. Hahaha

      Wahduh yang mana ya, aye sih ada yang pertama aja udah untung. Maklum jones :v

      Hapus
    3. beuh biasanya master emang merendah gitu sih, padahal udah banyak yang ngantri ye bang :v

      Hapus
    4. Bukan merendah, emang rendah aye mah~ Ngantri apaan itu :v

      Hapus
    5. ngantri buat bung gian sang calon penulis hebat lah :v

      Hapus
    6. Hahaha diaminin aja deh, berarti ngantri tandatangan tulisan (?)

      Hapus
    7. beuh bisa jadi sih bang, ngantri tanda tangan pujangga ulung

      Hapus
    8. Ampun bang, pujangga sumbang kali, haahaha

      Hapus