Rabu, 21 Mei 2014

Semangat Menulis!

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer
Ucapan almarhum ini benar sekali. Banyak yang bisa kita dapatkan dari tulisan yang telah kita buat. Sangat banyak bahkan. Contoh kecilnya, adalah yang saya rasakan sekarang. Andai saya selalu membuat tulisan tentang perjalanan yang telah saya lakukan sebelumnya, mungkin saya tak harus mempersiapkan segala hal dengan repot jika ingin mengulang kembali perjalanan ke tempat tersebut.Cukup dengan membuka tulisan yang telah saya buat sebelumnya, dan voila! Saya akan menemukan apa saja yang harus saya lakukan, apa yang harus saya persiapkan, dan kesalahan apa yang bisa saya hilangkan. Tidak seperti sekarang. Saat saya ingin melakukan perjalanan ke tempat yang padahal sudah pernah saya kunjungi, saya harus berupaya lebih untuk membaca rujukan berupa catatan perjalanan orang lain, yang belum tentu sesuai dengan kondisi yang akan saya hadapi. Andai saat itu saya lebih rajin untuk membuat tulisan tentang perjalanan saya. Andai.

Tapi ya, late is always better than never, kan? Bismillah, semoga mulai dari sekarang saya bisa melawan semua rasa mala situ. Catatan perjalanan, pelajaran hidup, atau apapun itu, semoga bisa selalu menghasilkan suatu tulisan. Karena tulisan adalah salah satu yang membuat seseorang hidup abadi, kekal, tak lekang oleh waktu. Selamat menulis, salam pena!

2 komentar:

  1. wuih mantap quotenya buun (y)

    doni pernah denger yg lain juga nih bun:

    Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi satu telunjuk (tulisan) bisa menembus ribuan bahkan jutaan kepala.” Sayyid Quthb

    BalasHapus