Kamis, 28 Juli 2016

Ke Bandung Lagi!

Ke Bandung lagi, lagi-lagi ke Bandung. Tapi saat ini tujuan ke bandung sedikit berbeda dengan teman-teman seangkatan. Saat mereka kini bertujuan ke Bandung untuk mengambil toga, untuk wisuda, apadaya Sang Pemilik belum mengizinkan hambanya ini untuk mengikuti jalan yang sama dengan teman-teman yang lain. Sepertinya Dia memiliki rencana lain yang lebih indah daripada lulus tepat waktu untukku, itu pasti. Jadi ya buat teman-teman yang mungkin bernasib hampir sama dengan saya, kita syukuri saja apa yang diberikan-Nya. Rencana-Nya jauh lebih mulia untuk kita, bahkan dibandingkan dengan rencana kita sendiri, itu pasti. Dan untuk teman-teman yang sudah dikaruniai kelulusan oleh-Nya, barakallahu fiikum. Semoga ilmu yang juga dikaruniakan-Nya kepada kalian bisa dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya.

Ke Bandung kali ini, tujuan saya sedikit berbeda dari biasanya. Kalau biasanya ke Bandung dengan tujuan kuliah, kali ini sedikit berbeda. Karena satu dan lain hal, niat ke Bandung kali ini saya ubah sedikit. Apa tujuan ke Bandung kali ini kalau bukan untuk kuliah? Sebetulnya ada beberapa tujuan. Sebetulnya mungkin terlihat sama saja dengan apa yang saya lakukan biasanya. Tapi mungkin kali ini sedikit diubah. Biasanya tujuan ke Bandung untuk kuliah, supaya bisa lulus, supaya dapat ijazah, supaya bisa dapat pekerjaan yang layak, supaya bisa membahagiakan orang tua, supaya bisa diridhoi orang tua, supaya bisa diridhoi Allah. Tapi saya menyadari, ada yang salah ditujuan saya yang biasanya ini. Kenapa Allah diletakkan terakhir. Betapa ternyata selama ini saya telah salah. Adakah selama ini ilmu yang saya dapat bernilai ibadah di sisi Allah, jika Dia saya letakkan di tujuan paling akhir? Seakan-akan saha menganggap, belajar lah sebanyak-banyaknya, berprestasilah setinggi-tingginya, berjuanglah sekuat-kuatnya, namun jangan lupa ibadah. Bukankah seharusnya dibalik, beribadahlah semaksimalnya, sedekahlah sebanyak-banyaknya, ke mesjidlah sesering-seringnya, bacalah alquran sebanyak-banyaknya, puasalah sesering-seringnya, bersilaturrahimlah sesering-seringnya dengan keluarga, tuntutlah ilmu agama setingi-tingginya, namun jangan lupa kuliah. 

Maka ke Bandung, saat ini saya niatkan hanya untuk beribadah kepada-Nya bagaimanapun caranya, tapi jangan lupa wisuda. Semoga Allah memudahkan kita untuk meraih ridho-Nya, dan semoga Allah meridhoi kita semua untuk bisa segera wisuda, amin.

4 komentar:

  1. Ibuuun tos duluuu *sedih padahal

    Eniwe kuliah kan juga termasuk ibadah
    tapi kita manusia emang cenderung ingetnya ibadah sama aktivitas yg sangat agama gt ya. Padahal kalo kata bu evi dulu kalo kita memaknai setiap yg kt lakukan sbg ibadah maka akan bernilai pahala juga. Cthnya ibu ngurus rumah diniatin ibadah.kewajiban bliyo dijalani, rumah beres, pahala juga dapet. Ibu temenku ada lo yg ga mau ngelondri pas lagi rempong. Beliau bilangnya, udah, pahalaku tuh di sini

    Makasih tulisanya bun. Ngingetin dan nyemangatin :)
    :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada fitri! Alhamdulillah sama2 fit, semoga kita bisa selalu saling mengingatkan buat kebaikan :)
      Jangan sedih fit, insyaallah allah sama kita (jadi ingat slogannya anak IPS di IC)

      Nah itu dia fit, kalau kuliahnya diniatin buat ibadah, buat nyari ridho allah, biar bisa ngasih manfaat ke orang banyak, jadinya memang termasuk ibada. Tapi aku pribadi selama ini tujuannya ya buat wisuda, lulus, ijazah, kerja. Kalau niatnya gitu kayanya gaada ibadahnya deh, gatau juga sih allahu a'lam hehe.
      Kalau ngurus rumah insyaallah pasti emang ibadah, apalagi kalau suaminya ridho. Ridho allah buat perempuan yang udah nikah itu kalau suaminya ridho kan ya? hehe

      Hapus
    2. Slogan yang mana bun? Ko aku ingetnya cuman yang everyday is holiday ya hehe

      Iya bun ngelurusin niat emang pr dan susah banget. Ngingetin diri sendirinya harus tiap hari. PR juga nih buat aku :"

      Hapus
    3. Itu kalau mereka mau tanding biasanya fit kalau gak salah, teriak2 dulu 'la takhof wa la tahzan, innallaha maana'

      Iya emang, susah emang hidup di dunia buat nyari surga

      Hapus