Kamis, 03 April 2014

Gagahnya Gunung Api Purba, Nglanggeran

jalan-jalan men!

ceritanya, akhir minggu lalu (saat long weekend), penulis menyempatkan diri mendaki sebuah gunung berapi. tapi, ada yang sedikit berbeda dari gunung api yang kali ini penulis kunjungi, jika dibandingkan dengan berbagai gunung api lain yang sebelumnya pernah penulis kunjungi. bedanya adalah, gunung api yang kali ini penulis kunjungi adalah berupa gunung api purba. gunung api purba? ya, gunung api purba!

yang membedakan gunung api purba dengan gunung api lain adalah (sebenarnya dari namanya juga sudah keliatan sih, ya), gunung api purba itu aktifnya ya di zaman purba, zaman dahulu kala. gunung api purba ini cuma bisa meletus di zaman dahulu, menurut penelitian, sekitar 60 juta tahun yang lalu. sekarang? gunung api purba ini hanya meninggalkan tampilan eksotismenya, keindahan kenampakan alamnya yang luar biasa! termasuk gunung api purba yang penulis kunjungi akhir minggu lalu. gunung api purba nglanggeran.

(gambar disadur dari sini)
gunung api purba nglanggeran. gunung ini terletak di desa nglanggeran, patuk, gunungkidul, yogyakarta. untuk menuju pintu masuk awal gunung ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. tiket masuknya pun sangat terjangkau. hanya 3.000 rupiah untuk siang hari dan 5.000 rupiah untuk malam hari, per orangnya! untuk pemandangan dan kenampakan alam serta track luar biasa yang akan disajikan oleh gunung api purba ini, harga itu bisa dibilang sangat murah. gunung ini kini hanya menyisakan bentuk batuan raksasa hasil erupsi atau letusan gunungnya di zaman dahulu. ya, gunung ini terdiri dari batuan yang luar biasa besarnya! dan batuan itulah yang akan kita lewati, kita panjat, untuk bisa mencapai puncaknya. dengan kata lain, kita harus melakukan panjat tebing untuk bisa sampai di puncak gunung ini! buat para pencinta kegiatan yang memicu adrenalin, tentunya ini akan menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjugi, bukan? gambaran tracknya kurang lebih kaya gini lah



ya, kira-kira gambaran track atau lintasan yang akan dilewati untuk menuju puncak gunung berapi purba nglanggeran ini ya kaya foto-foto itu lah. nah, menariknya, buat yang kurang suka sama pendakian dengan cara yang sedikit menantang dan memacu adrenalin kaya gitu, pengurus tempat wisata gunung purba ini sudah berbaik hati menyediakan fasilitas yang akan memudahkan para pelancong yang kurang suka track tantangan. pengurus suudah membuat tangga yang akan memudahkan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam gunung api purba ini tanpa harus memacu adrenalinnya, tanpa harus melakukan adegan 'panjat tebing' untuk mencapai puncaknya. pengurus juga telah merentangkan tali di beberapa titik yang cukup sulit untuk dibangun tangga, yang bisa menjadi pegangan untuk memudahkan pendaki memanjat bebatuan. ah, track yang disediakan dan disajikan oleh gunung api purba nglanggeran ini memang sangat luar biasa, bung! sangat pantas dijadikan tujuan wisata jika sedang berkunjung ke kota pendidikan, yogyakarta.

tak hanya sebatas kenampakan alam dan track luar biasa yang akan ditempuh selama perjalanan, tujuan utama dari suatu pendakian tentunya lebih luar biasa. ya, puncak. puncak gunung api purba nglanggeran ini sangat luar biasa. meski hanya dari ketinggian 700 mdpl, tapi dari puncaknya kita bisa melihat seantero kota yogyakarta! dikala siang, kita disajikan pemandangan hamparan hijaunya dedaunan yang dipadukan dengan warna hitamnya bebatuan hasil letusan gunung api purba ini. dikala malam, kita disajikan pemandangan indah gemerlapnya lampu kota yogyakarta! 

perpaduan track menuju puncak yang sangat mengasyikkan dan menyenangkan dengan pemandangan alam luar biasa yang disajikan di puncaknya, membuat gunung purba ini akan menjadi tempat yang sangat pantas untuk dijadikan tempat berwisata, apalagi dengan harga yang sangat terjangkau. ah, indonesia, alangkah indahnya alam mu. harusnya, tak lagi sepantasnya harga mu hanya sebatas itu. negeri ini indah sekali, tuhan. izinkan kami untuk selalu menjaganya. nikmatilah alam indonesia, kawan. nikmatilah gunung purba nglanggeran!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar