Suatu hari di sebuah sekolah dasar, seorang guru mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ingin mengajarkan pada murid-muridnya tentang
pengaruh minuman beralkohol pada makhluk hidup. Guru itu memilih cara percobaan
langsung menggunakan makhluk hidup untuk mengajarkan hal tersebut, dengan
tujuan agar murid-muridnya lebih yakin dan paham dengan apa yang akan
diajarkannya. Ia pun menggunakan dua ekor cacing tanah hidup sebagai bahan
percobaannya.
(gambar disadur dari sini) |
“Anak-anak, hari ini bapak akan memperlihatkan pada kalian
bagaimana pengaruh minuman beralkohol terhadap makhluk hidup, perhatikan
baik-baik yang bapak lakukan ini ya!” guru itu memulai percobaannya di hadapan
para muridnya.
Ia menyediakan dua gelas, yang mana satu berisi air mineral
biasa dan satunya berisi minuman beralkohol. Ia memasukkan seekor cacing hidup ke
dalam gelas pertama yang berisikan air mineral biasa. Hasilnya, cacing yang
dimasukkan itu masih tetap bergerak-gerak, menggelinjang-gelinjang di dalam
gelas yang berisi air mineral biasa tersebut. Kemudian ia memasukkan cacing tanah hidup yang
lain ke dalam gelas yang berisikan minuman beralkohol. Dan hasilnya, cacing
tanah itu mati seketika! Cacing tanah itu tidak lagi bergerak setelah
dimasukkan ke dalam gelas kedua yang berisikan minuman berlakohol. Para murid
memerhatikan dengan seksama, takjub!
“Nah, kalian sudah lihatkan apa pengaruh minuman beralkohol
terhadap makhluk hidup? Sekarang, coba Joko, apa yang bisa kamu simpulkan dari
yang sudah bapak tunjukkan tadi?” Tanya sang guru pada salah seorang muridnya.
“Kesimpulannya, jika kita minum minuman beralkohol, akan
terbebas dari cacingan, pak!”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar